• Phone: (021) 8090200
  • Email: info@smpn49-jkt.sch.id

Class Program

Program Pembelajaran Inklusi

Program Pembelajaran Inklusi

  •   09-02-2020 

SMP Negeri 49 Jakarta berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan untuk semua warga, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Proses pembelajaran untuk PDBK tentunya berbeda, sehingga dibutuhkan berbagai penyesuaian dalam pembelajarannya. Berikut beberapa adaptasi yang dilakukan dalam proses pendidikan inklusi:

a. Adaptasi proses

1)   Waktu belajar ditambah.

2)   Pembelajaran sewaktu-waktu dilaksanakan di kelas khusus (resource room).

3)   Penggunaan alat bantu khusus dalam pembelajaran.

4)   Penggunaan guru pendamping (shadow teacher) jika dibutuhkan.

5)   Penempatan tempat duduk pada lokasi tertentu (dekat dengan guru).

6)   Pemanfaatan peserta didik ”reguler” sebagai tutor.

7)   Pemberian tugas khusus yang berbeda dengan peserta didik lain.

8)   Pemberian penjelasan/pembelajaran khusus di luar jam belajar umum.

9)   Penggunaan bahan/sumber ajar yang berbeda/khusus.

b.   Adaptasi evaluasi

1)   Soal yang digunakan berbeda dengan anak pada umumnya. (soal disesuaikan dengan materi yang diajarkan untuk ABK)

2)   Evaluasi dilaksanakan di tempat tertentu (contoh: tuna daksa).

3)   Evaluasi dilaksanakan secara individual.

4)   Evaluasi dilaksanakan secara lisan (guru membacakan soal peserta didik menuliskan jawaban; guru membacakan soal peserta didik menjawab secara lisan, kemudian dituliskan oleh guru), jika dibutuhkan.

5)   Evaluasi menggunakan alat khusus (braille, atau komputer).

6)   Standar kelulusan berbeda.

7)   Sistem pelaporan yang berbeda (rapor).

8)   Sistem Ijazah yang berbeda.